Anda Pengunjung Ke

Tekstur




Tekstur
oleh : Mas Mus


By : Topenk

Tekstur/teks·tur/ /tékstur/ n ukuran dan susunan (jaringan) bagian suatu benda; jalinan atau penyatuan bagian-bagian sesuatu sehingga membentuk suatu benda (seperti susunan serat dalam kain, susunan sel-sel dalam tubuh)
Dalam Fotografi sendiri Tekstur adalah suatu titik kasar atau halus yang terdapat pada permukaan yang memiliki sebuah nilai seni. Tekstur itu sangat berarti dalam sebuah gambar karena yang dapat membuat indah dan menarik untuk di lihat. Sebuah tekstur yang susunannya teratur maka di sebut sebagai corak. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi persepsi kita terhadap tekstur adalah skala, jarak pandang dan cahaya. Semakain halus sekala pola teksturnya maka semakin halus pula penampilannya. Tekstur yang kasar seakan-akan terlihat pada jarak dekat. Secara umum, tekstur mengisi secara visual ruang tekstur itu berada.

Jenis-jenis tektur terdiri dari :
1.      Tekstur alami, (natural teksture) wujud rasa dari sebuah permukaan secara alami, tanpa adanya campur tangan dari manusia.
    Fungsi dari tekstur yaitu dapat memberikan kesan persepsi pada manusia melalui penglihatan visual.
    Pengelolaan tekstur yang baik maka tata ruanganyapun akan menghasilkan kesan dan kualitas ruangan yang lebih menarik.
2.      Tekstur buatan, (artificial teksture) merupakan tekstur yang sengaja di buat atau hasil penemuan kertas, logam plastik dan lain-lain.
3.      Tekstur primer, tekstur yang terdapat hanya pada bahan yang hanya dapat di lihat pad ajarak dekat saja.
Tekstur skunder, tekstur yang di buat dalam sekala tertentu untuk memberikan skala visual yang porposional dari jarak jauh.

Terkstur tebagi menjadi dua bagian yaitu tekstur jenis rill dan tekstur jenis visual. Tekstur jenis rill ini nyata dan dapat di rasakan sentuhannnya, sedangkan tekstur jenis visual adalah tekstur yang hanya terlihat dengan mata saja.

By : topenk




By : Topenk

By : Randy Aprozi

By : Randi Aprozi

By : Topenk
sedikit berbagi dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

Previous
Next Post »
0 Komentar